Kamis, 29 Desember 2011

“ MIMPI BASAH “

“ MIMPI BASAH “

Mimpi Basah, istilah ini emang kita pakai untuk menggambarkan pengalaman para cowok setiap kali mereka bermimpi yang diikuti dengan basahnya daerah kelamin mereka. Tapi jelas bukan karena atap kamar lagi bocor atau karena lagi ngompol, lho . . . ! Daerah kelamin ini basah karena ada sesuatu yang keluar dari tubuh              si pemimpi, yaitu air mani, yang ternyata si air mani ini pegang peranan penting dalam fungsi reproduksi (berketurunan). Sebenarnya kita semua pasti mengalami mimpi basah tetapi sebagian diantara kita nggak ngerasa kalau dirinya sedang mengalami mimpi basah.

“AIR MANI BUKAN SPERMA”
Tapi jangan salah . . . air mani bukan sperma lho . . . yang benar, air mani merupakan campuran antara sperma dan semen. Seperti kita tahu, sperma adalah sel kelamin cowok. Bila sperma bertemu dengan sel kelamin cewek (biasa disebut sel telur), maka ia bias berkembang jadi bayi. Pertemuan ini disebut pembuahan, biasanya terjadi lewat hubungan intim antara cowok dan cewek. Sperma ini kecil banget ukurannya, sehingga hanya bisa dilihat dengan mikroskocp. Sedangkan semen adalah cairan yang dihasilkan oleh kelenjar-kelenjar reproduksi, berfungsi untuk melengkapi sperma dalam proses reproduksi. Sperma baru mulai muncul dalam kehidupan cowok saat ia menginjak masa pubernya, biasanya sekitar usia 9 – 14 tahun. Saat itu otak mulai mengaktifkan fungsi seksual cowok. Organ reproduksi mulai aktif, salah satunya ditandai dengan si testis memproduksi sel sperma. Ya kira-kira seratus sampai empat ratus juta sperma tiap hari. Nah, terus sperma akan tinggal di epididimis (bagian dalam testis) untuk proses pematangan, sampai saatnya bakal dikeluarkan oleh yang punya. Sperma matang biasanya sudah berumur sekitar 3 minggu. Karena kualitas sperma sangat mudah dipengaruhi oleh suhu, maka scrotum (kantung testis) selalu menjaga suhu daerah kelamin dengan tepat. Bila suhu sedang panas, maka scrotum akan merenggang, sebaliknya bila dingin, maka scrotum akan mendekatkan diri ke tubuh.
Bila sicowok terangsang secara seksual, maka organ-organ reproduksi ini siap beraksi. Awalnya, penis akan membesar dan menegang ini disebut ereksi, sementara itu sperma mulai dibawa melalui kantung semen dan kelenjar prostat untuk mendapatkan semen yang berisi zat-zat tambahan yang akan membantu sperma. Ketika sudah siap, maka keluarlah rombongan air mani dari seluruh uretra dalam penis. Peristiwa ini disebut ejakulasi. Setelah ejakulasi penis akan kembali ke ukuran semula. Satu catatan tentang ereksi, kadang-kadang hal ini terjadi tanpa ada rangsangan seksual. Jadi, tau-tau aja penis udah menegang, padahal lagi dijalan atau lagi ulangan matematika. Ini sih normal dan emang sebaiknya kalau pakai celana panjang jangan terlalu ketat, sehingga bila ereksi kita nggak kesakitan.

“MIMPI BASAH MERUPAKAN MEKANISME ALAMI”
Para cowok nggak perlu takut kebanyakan sperma dalam tubuh, soalnya mimpi basah merupakan mekanisme alami untuk menguras timbunan sperma dari dalam tubuh. Saat ini si cowok tidur, terjadi ejakulasi tanpa ia sadari. Ngakunya sih saat ini para cowok mimpi yang berbau erotis, semisal berhubungan intim sama seseorang, tapi banyak juga kok cowok yang ngaku kadang mereka nggak pakai mimpi seperti itu, tau-tau besoknya udah basah. Tentu saja selain dikeluarin secara otomatis lewat mimpi basah, air mani juga bisa keluar dengan sendirinya pada saat terjaga atau dengan cara sengaja. Semisal dengan berhubungan seksual/HUS, dengan mastrubasi/onani (merangsang diri sendiri).





“HUS BUKAN PILIHAN YANG MUDAH”
HUS bukannya suatu pilihan yang mudah, soalnya resiko terlalu tinggi untuk kita-kita yang masih remaja ini. Gimana kalau sampai terjadi kehamilan ?
Gimana kalau ketularan infeksi menular seksual (IMS) ? HIV ?
Belum lagi kalau mikirin ngelanggar ajaran agama. Ngeri, bo! Sementara onani? Resiko medisnya onani sih kecil Cuma tinggal psikisnya aja, kira-kira bertentangan nggak dengan hati nurani. Soalnya kalau kita sendiri sebetulnya nggak kepingin ngelakuin, bisa-bisa kita sendiri stress karena merasa nggak mampu mengendalikan diri. Hal-hal seperti ini emang perlu kita pikirin mulai dari sekarang, sebab sejak kita masuk remaja, sejak kita atau pacar kita ngalami mimpi basah dan menstruasi, maka sejak itu pula kita sudah bakal berhadapan dengan godaan dorongan seksual yang muncul, apalagi secara fisik kita sudah bisa menjadi ayah dan ibu.
Kalau kita ngambil pilihan yang salah, maka kita juga yang akan menerima akibatnya. Coba deh ngebayangin saat ini kita terpaksa mengurus bayi kandung kita.

“KENDALIKAN DIRI”
Jadi jangan deh kita biarkan dorongan seksual mengendalikan diri kita. Sebaliknya, kitalah yang wajib mengendalikan dorongan seksual kita. Percaya deh kita pasti mampu.

“TIPS UNTUK KEBERSIHAN DIRI SETELAH MIMPI BASAH”
  1. Cuci pakaian yang basah karena mimpi  basah
  2. Cuci alas tidur yang basah karena mimpi basah
  3. Bersihkan alat kelamin
  4. Bagi yang muslim segera mandi untuk menghilangkan hadats besar (junub) dengan cara membasahi seluruh anggota tubuh
  5. Segera berkonsultasi ke Pusat Layanan Konsultasi (Youth Center PKBI, PIK-KRR, PKPR terdekat) untuk mendapatkan informasi yang lengkap tentang mimpi basah.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar