Rabu, 21 Desember 2011

KEIKUTSERTAAN BPKKBD KOTA TERNATE PADA KEGIATAN KB KEPULAUAN 2011

Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Maluku Utara bekerjasama dengan Korem 152 Babullah Ternate dan TNI Angkatan Laut menggunakan KRI Alkura 830 berlayar ke Kepulauan Sula, Halmahera Tengah dan Pulau Morotai untuk memberikan pelayanan KB gratis/cuma-cuma kepada masyarakat yang ingin ber-KB namun selama ini belum terlayani.

Dengan menggunakan kapal milik TNI Angkatan Laut yaitu KRI Alkura 830 staf BKKBN Provinsi Maluku Utara di bantu Babinsa yang ada di Kodim 1505 Tidore, Kodim 1508 Tobelo, Kodim 1509 Labuha, di bantu dengan tenaga pelayanan KB yang memberikan Pelayanan kepada masyarakat yang di fokuskan di desa desa terpencil seperti :

Desa Bobong  Kec. Taliabu Barat, Desa Dofa Kec. Mangoli Barat, Kab. Kepulauan Sula,

Desa Patani  Kec Patani, Desa Gebe Kec. Bebe, Kab. Halmahera Tengah

Desa Wayabula,  Kec. Morotai Selatan Barat, Desa Sofi  Kec. Morotai Jaya, Kab. Pulau Morotai

Menurut Drs. Djufry Assegaff Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Utara : Kita akan memfokuskan konsentrasi pelayanan program Pembanguna Kependudukan dan Keluarga Berencana untuk wilayah-wilayah Kepulauan, Tertinggal, Terpencil dan Perbatasan dalam lingkup Provinsi Maluku Utara, karena pelayanan Keluarga Berencana sudah merupakan suatu kebutuhan dasar masyarakat dan masyarakat sebagai warga Negara mempunyai hak untuk mendapatkan pelayanan dan di satu sisi pemerintah berkewajiban untuk melayani dimana apabila masyarakat membutuhkan pelayanan Negara harus hadir di situ, untuk itu Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Utara hadir di pulau-pulau mewakili pemerintah/pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan Keluarga Berencana secara cuma-cuma di desa-desa di 3 Kabupaten Kepulauan tersebut.

Lebih Lanjut dikatakan Drs. Djufry Assegaff terkait pemilihan untuk memfokuskan program KB di Kepulauan Sula, Halmahera Tengah, dan Pulau Morotai adalah untuk memberikan penguatan terhadap masyarakat di daerah-daerah kepulauan dan sekaligus pemerataan pelayanan Keluarga Berencana di daerah Perbatasan.

Kami BKKBN Provinsi Maluku Utara beserta Mitra Kerja Tingkat Provinsi yaitu BP3AKB Provinsi Maluku Utara, PKK Provinsi Maluku Utara, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Provinsi Maluku Utara, bersama sama dengan SKPD-KB Kabupaten Kepulauan Sula, Kabupaten Halmahera Tengah dan Kabupaten Pulau Morotai di bantu dengan para BAbinsa di wilayah-wilayah sasaran bersama-sama memberikan KIE (Komunikasi Informasi dan Edukasi) / Penyuluhan kepada Masyarakat tentang arti pentingnya Program Pembangunan Kependudukan dan Keluarga Berencana sekaligus memberikan Pelayanan KB kepada Masyarakat terutama kepada ibu-ibu pasangan usia subur di kepulauan-kepulauan yang selama ini belum mendapatkan pelayanan.

Dengan di bantu para babinsa di wilayah-wilayah sasaran tersebut kami optimis bias mengajak masyarakat untuk ikut Program Pembangunan Kependudukan dan Keluarga Berencana di 3 kabupaten tersebut sebanyak 4.330 akseptor!!! Saya yakin dengan di bantu TNI dan Mitra Kerja yang lainMaka Program Pembangunan Kependudukan dan Keluarga Berencana di Provinsi Maluku Utara bias berhasil dan Sukses. Keyakinan kami tersebut sangat beralasan karena Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Utara telah membekali para babinsa tersebut dengan Pengetahuan tentang Program KB, Tentang KIE/Konseling, Kontrasepsi, Materi Pola Kontrasepsi Rasional melalui Orientasi Program Kependudukan dan Keluarga Berencana bagi Babinsa di 3 wilayah sasaran Kepulauan tersebut.

Sumber : Maluku Utara - BKKBN, Selasa, 13 Desember 2011 @ 23:33:48

Tidak ada komentar:

Posting Komentar